Apakah Anda saat ini membeli dan memiliki polis asuransi? Jika demikian, jenis asuransi apa yang Anda miliki? Apakah Anda membaca dan memahami syarat dan ketentuan polis, sebelum memutuskan untuk membelinya? Jika Anda belum memahaminya dengan benar, apa pertimbangan Anda yang membuat Anda membeli polis asuransi?

Hasil gambar untuk 8 Langkah Sebelum Membeli Asuransi

Saat ini, ada banyak orang yang membeli produk asuransi, yang memutuskan untuk membeli dan memiliki kebijakan bukan karena mereka telah menganalisis risiko dan membutuhkan perlindungan asuransi. Mereka membeli asuransi hanya karena penawaran terus menerus oleh teman, kolega atau kerabat. Mereka membeli karena merasa tidak enak menolak tawaran itu. Pada akhirnya, mereka membeli dan membayar polis yang sebenarnya tidak mereka butuhkan saat itu. Juga, mereka tidak mengerti kebijakan itu.

Saran saya, sebelum Anda memutuskan untuk membeli produk dalam bentuk apa pun, terutama produk asuransi yang berisi perjanjian tertulis dalam bentuk kebijakan dan bahasa hukum, dan ditulis dalam huruf kecil, Anda harus meminta kebijakan “dummy” untuk dibaca, dipelajari, dan dipahami. Anda harus memahami syarat dan ketentuan, risiko yang dijamin dan risiko dikecualikan. Pastikan semua risiko yang Anda perlu dijamin dalam polis dibeli di sana.

Beberapa langkah yang pantas Anda lalui sebelum membeli dan membayar polis asuransi:

  1. Analisis risiko yang dimiliki dan ditangani, kemudian sisihkan “anggaran” untuk dana perlindungan.
  2. Hubungi perusahaan asuransi secara langsung, atau asuransi atau broker asuransi.
  3. Minta penawaran dari setidaknya dua sumber untuk jenis polis asuransi yang Anda butuhkan.
  4. Tanyakan kebijakan spesimen (“dummy”) dari jenis asuransi yang ditawarkan.
  5. Mintalah penjelasan dari penjual, dan pahami perbedaan dari setiap penawaran. Penjelasan harus diberikan dan merujuk pada kebijakan “dummy”, sehingga apa yang dikatakan penjual harus berdasarkan pada kebijakan tersebut.
  6. Ingat bahwa premi yang lebih murah belum tentu yang terbaik, pasti ada penyebabnya. Mungkin ada risiko berbeda yang ditanggung oleh produk dan perusahaan asuransi adalah kelas dan reputasi yang berbeda.
  7. Tanyakan sekitar 2 minggu dan pahami diri Anda dengan membaca langsung dari spesimen yang Anda miliki saat ini.
  8. Ketika Anda telah memahami dengan benar, dan percaya pilihan Anda, silakan dan hubungi penjual.

Lindungi diri Anda dari risiko yang mengancam. Pilih produk asuransi Anda dengan bijak!

8 Langkah Sebelum Membeli Asuransi